Contoh Teks Eksplanasi tentang Globalisasi

Hasil gambar untuk globalisasi


Pernyataan Umum

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek - aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi dapat berkembang dengan pesat karena adanya Kemajuan infrastruktur dibidang transportasi dan telekomunikasi termasuk kemunculan telegraf dan Internet, yang menyebabkan masyarakat menjadi saling ketergantungan dengan hal tersebut.


Sebab dan Akibat

Disegala bidang dikehidupan kita sekarang pasti sudah terkena dampak globalisasi, seperti dibidang Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Transportasi, IPTEK, Pertahanan dan Keamanan, Pendidikan, dan Agama.
Didalam globalisasi ada beberapa dampak positif yang bisa Kita rasakan. Contohnya seperti kita dapat dengan mudah melakukan Komunikasi, melakukan transaksi, melakukan perjalanan, memperoleh kebutuhan sehari – hari, memperoleh informasi, merasakan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, perkembangan ilmu pengetahuan. Selain itu globalisasi dapat menumbuhkan sikap cosmopolitan dan toleran , memacu diri untuk dapat meningkatkan kualitas, meningkatkan dan mengembangkan hubungan dalam sektor ekonomi, membuat hubungan dengan dunia Internasional terjalin dengan baik dan terbukanya individu terhadap kemajuan dunia.
Namun dibalik itu semua, globalisasi juga mempunyai dampak negatifnya. Contohnya seperti masyarakat cenderung bersifat konsumtif bukan produktif, Pemborosan terjadi akibat pengeluaran besar karena ingin meniru perilaku yang tidak sesuai, Munculnya sikap individualisme dan berpikiran sempit dan cenderung menutup diri, menjadikan masyarakat bersifat imitatif, meningkatnya kriminalitas dan kejahatan, terjadinya kesenjangan sosial, terjadinya Urbanisasi, banyaknya informasi yang tidak tersaring, masuknya kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan norma agama yang dapat merusak budaya lokal dan merusak moral warga negara, mudah terpengaruh oleh hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan barat, masuknya paham-paham yang menyesatkan yang dapat menimbulkan konflik pada masyarakat atau negara, mengurangi semangat nasionalisme karena bertambahnya pengetahuan masyarakat tentang negara lain yang memunculkan rasa iri dan membanding-bandingkan negaranya dengan negara lain, dan banyaknya warga negara yang berganti kewarganeraan karena tidak puas dengan keadaan negaranya.


Interpretasi

            Banyak sekali dampak yang dibawa oleh globalisasi, yaitu dampak positif dan negatif. Globalisasi dapat membuat masyarakat menjadi Up to date, dapat mudah memperoleh kebutuhan sehari – hari, dan membuat Kita tahu dunia diluar sana, namun disisi lain Globalisasi dapat membuat masyakarat menjadi individualis, tidak mencintai budaya dan negaranya, dan membuat kriminalitas dan kejahatan menjadi meningkat. Oleh karena itu kita sebagai warga negara yang bijak tentunya harus memanfaatkan Globalisasi ini dengan baik dan maksimal supaya kita mendapat hal – hal yang positif dari globalisasi ini.

Komentar

  1. Disini saya mencari pengaruh globalisasi terhadap masyarakat.

    BalasHapus
  2. Berikut adalah pengaruh globalisasi bagi masyarakat

    #masyarakat dapat berbincang dengan tetangga dengan mudah

    #dapat bermusyawarah malalui handphone

    #dapat mempererat tali silaturahmi terhadap tetengga atau masyarakat yang lain

    BalasHapus

Posting Komentar