Biografi Jonny Buckland

       Jonathan Mark Buckland yang dikenal dengan nama Jonny Buckland, adalah Gitaris dan Musisi dari Inggris, dan dikenal sebagai gitaris dari band Coldplay.


KEHIDUPAN AWAL

       Jonny Buckland lahir di Islington, London pada tanggal 11 September 1977 dan tinggal di sana sampai usia empat tahun, ketika keluarganya pindah ke Pantymwyn North Wales. Ia mulai bermain gitar pada usia sebelas tahun, setelah didukung oleh 
The Stone RosesRideGeorge Harrison dan My Bloody Valentine, juga didukung oleh kakaknya Tim. Ia adalah seorang mahasiswa di Ysgol y Waun dan Alun School, yang terakhir terletak di kota Welsh dari Mold, dia pindah untuk mempelajari Astronomi dan Matematika di University College London, di mana dia bertemu dengan Chris MartinGuy Berryman, dan Will Champion, dan membentuk Coldplay. Sementara di University College London, Jonny Buckland bersama dengan Chris Martin, sempat bekerja sebagai petugas kebersihan sekolah.


SOLO KARIR

       Jonny Buckland telah menjadi artis pendukung pada album solo 
Ian McCullochSlideling (2003), dan membuat penampilan cameo dengan pasangan band Chris Martin dalam film besutan Simon PeggShaun of the Dead


KEHIDUPAN PRIBADI

       Chris Martin sering memanggilnya dengan julukan "Jonny Boy" selama konser, terutama jika Jonny Buckland saat melakukan solo riff panjang gitarnya. Chris Martin mengatakan, Tidak akan ada Coldplay tanpa musik Jonny Buckland. Keakraban antara Martin dan Buckland sering terlihat selama konser live dan wawancara. Jonny Buckland adalah ayah baptis bagi putri Martin, Apple, bersama dengan Simon Pegg. Dia adalah penggemar Tottenham Hotspur F.C. kakak Jonny Buckland, Tim dan bandnya The Domino State, menjadi band pendukung Coldplay di Arena O2 pada bulan Desember 2008. Jonny Buckland mempunyai status hubungan jangka panjang dengan kekasihnya Chloe Lee-Evans. Sampai mereka memiliki seorang putri yang bernama Violet, yang lahir 3 November 2007 yang berada di London. Pada tanggal 14 November 2009, Buckland dan Lee-Evans menikah di tempat mewah, One Marylebone di London.

Komentar